Sumatera Selatan

Air Terjun Lematang Indah        

Air Terjun Lematang Indah. Air terjun ini terletak di Kota Pagar Alam, Propinsi Sumatera Selatan. Air Terjun Lematang Indah tidak diragukan lagi, meski ketinggianya hanya 40 meter tidak seberapa dibanding Air Terjun Sipiso-Piso namun pemandangan sekitarnya yang hijau sangat memanjakan mata dan menyejukkan jiwa. Untuk dapat mencapai lokasi air terjun, Anda harus menuruni anak tangga. Di saat musim hujan Anda perlu berhati-hati menuruni anak tangga karena licin. Dibawah air terjun ini juga terdapat aliran sungai yang jenih dihiasi bebatuan besar. Pepohonan di sekitar air terjun senantiasa dihinggapi burung-burung yang berkicau. Suara aliran sungai pun mampu membuai Anda untuk belama-lama menikmati keindahannya. Di lokasi Air Terjun Lematang Indah terdapat fasilitas yang kamar mandi dan juga tempat istirahat. Tiket ke lokasinya ini Rp4.000,- per orang. Perjalanan selama menuju Air Terjun Lematang Indah ini pun tidak membosankan karena Anda akan disuguhi gundukan pemandangan yang sangat indah.

Danau Ranau        

Danau Ranau adalah danau terbesar kedua di Sumatra. Danau ini terbentuk akibat gempa bumi yang dahsyat dan letusan gunung vulkanik. Sebuah sungai besar yang sebelumnya mengalir di kaki gunung vulkanik berubah menjadi jurang. Berbagai jenis tanaman termasuk semak belukar yang secara lokal dikenal sebagai Ranau, tumbuh di tepi danau dan sisa-sisa gunung menjadi Gunung Seminung, yang berdiri menjulang di samping danau yang memiliki air bersih ini. nau ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Lampung Barat di Propinsi Lampung dan Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan di Sumatera Selatan. Danau ini memiliki cuaca dingin. Tidak lupa di tengah danau juga terdapat pulau yang bernama Pulau Marisa. Selain Gunung Seminung dan dan Pulau Marisa, di sekitar danau ini juga terdapat air Terjun Subik dan air panas alam yang keluar dari dasar danau. Danau Ranau berjarak sekitar 342 kilometer dari Kota Palembang, 130 kilometer dari Kota Baturaja, dan 50 kilometer dari Muara Dua, Ibukota Oku Selatan. di lokasi ini juga disediakan wisma-wisama yang dapat disewa oleh wisatawan. Perjalanan pastinya akan memberikan cerita menyenangkan untuk liburan Anda.

SungaiMusi        

Sungai Musi adalah sungai terpanjang di Sumatera Selatan. Dengan panjang yang mencapai 750 km dan lebar 500 meter, Sungai Musi membelah Kota Palembang menjadi dua bagian. Kedua bagian itu dinamakan seberang ilir untuk bagian utara dan seberang ulu di bagian selatan. Sehari-hari, Sungai Musi dimanfaatkan penduduk Palembang sebagai salah satu sarana transportasi. Ini bisa dilihat dari banyaknya perahu motor yang hilir mudik membawa penumpang yang hendak menyeberang. Selain itu, sungai sebagai sarana transportasi semakin terlihat dengan adanya pelabuhan di tepi sungai, yaitu Pelabuhan Boom Baru dan Museum Sultan Mahmud Badaruddin II. Di atas Sungai Musi, pengunjung bisa melihat secara langsung rumah apung yang menjadi rumah khasnya Palembang ini. Lebih seru lagi, pada hari-hari perayaan tertentu rutin diadakan festival air di Sungai Musi. Biasanya acara yang digelar adalah perlombaan perahu, kontes menghias perahu, dan perlombaan menyeberang sungai. Asyiknya, wisatawan yang ingin menikmati acara ini tidak dikenai biaya, karena Sungai Musi merupakan kawasan terbuka.